Tips Berbelanja Di Chatuchak

Chatuchak , adalah salah satu pasar terbesar di dunia. Diperkirakan dikunjungi sekitar 100.000 orang setiap weekendnya ( selama 2 hari ). Chatuchak ( diucapkan "Jatujak ") adalah tempat yang paling direkomendasikan untuk yang ingin  berwisata belanja dan wisata kuliner khas Bangkok

Ada sekitar 15.000 kios yang tersebar dalam beberapa sector.

Tidak "sah" rasanya jika datang ke Bangkok tetapi tidak berbelanja di pasar ini, karena merupakan salah satu "places to visit" di Bangkok menurut banyak buku panduan dan situs wisata

Di perkirakan sekitar 30% yang dijual adalah baju dan produk garmen lainnya asesoris, dompet, tas, sepatu, pernak-pernik, aneka suvenir, hiasan rumah / dekorasi, dan barang lainnya yang sangat random dan bervariasi.
Dijual juga piring , pisau, buku, lukisan, anjing, ikan, sangkar burung, patung Buddha setinggi pintu rumah, bibit tanaman,  whatever, anything, dll semua ada disana. Cocok juga untuk yang ingin mencari oleh oleh khas Bangkok Thailand murah karena banyak harga barang disana  seharga 100B alias Rp. 40.000 saja !
                                 
                              
                              
Salah satu hal penting lainnya kenapa Chatuchak wajib dikunjungi adalah disana juga merupakan pusat aneka kuliner Thailand terlengkap, mulai dari berbagai jenis cemilan dan jajanan kaki lima khas Thailand seperti es krim kelapa, pad thai, tom yam goong, sate babi panggang, BBQ sea food, berbagai macam minuman jus buah segar, dan masih banyak lainnya.
                               
                               
                               
Untuk yang pertama kali datang ke sini pasti akan terkejut melihat Chatuchak yang sangat besar dan ramai , dan tidak tahu harus memulai dari mana dulu. Lihat peta di bawah ini untuk panduannya : 
  

Ada pembagian jenis barang yang dijual menurut section-section berikut, bisa dilihat dari denah ini :
1 : Books & Magazines, Places to Eat and Drink, Buddha Artifacts 
2 - 4 : Home Decorations, Art and Crafts, Ceramics & Pottery, Collectible items 
5 - 6 : Clothing & Fashion, Bags, Belts & Accessories, general miscellaneous items. 
7 - 9 : Antiques & Antiquities, Furniture, Lamps & Lighting, Ceramics & Handicrafts. 
10 - 24 : Clothing & Fashion, Pets, Fish & Animals, Consumer Goods, Household Goods, 
17 - 19 : Ceramics, Food Stalls 
22 - 26 : Antiques, Crafts & Furniture 

Dan berikut ini adalah beberapa tips lainnya jika akan hunting disana :

JJ buka resminya jam 10 ( tutup jam 6 sore) , jadi sebaiknya datang dari pagi biar belum terlalu crowded, dan masih bisa breakfast di  kios-kios  makanan yang sudah buka.

Cari petugas yang membagikan peta gratis, jika tidak print denah untuk mempermudah navigasi disana.

Pakai baju dan alas kaki yg nyaman. Kalau memang mau niat belanja nyaman, tinggalkan kamera DLSR yg berat itu di hotel. Waspada karena copet ada dimana saja

Siapkan uang baht terlebih dahulu karena lokasi money changernya agak nyempil di ujung, dan nanti tidak perlu membuang waktu untuk mencarinya.

Jika memang berniat ke sana untuk belanja banyak, untuk alasan kepraktisan dan keamanan bawa saja tas besar / traveling bag kosong ! Serta turut mengurangi pemakaian plastik yang tidak perlu, daripada nanti menjadi sampah di hotel !

Bawa kalkulator untuk mempermudah transaksi dan proses tawa menawar. Jangan terlalu sadis menawarnya, kisaran 30-50% saja dari harga awal, karena harga2 disana sudah cenderung murah. Tapi memang adakalanya kita masih ingin menawar 20-40 baht, tapi jika dipikir2 20 baht itu sekitar 8000 perak bukan ? 

Coba makanan / jajanan yg ada, murah dan enak ! Kedai makanan ada di mana2, tapi yang agak luas dengan meja dan kursi ada di antara sector 26 & 1
Untuk kaum muslim, jangan takut kelaparan, ada kios  yang menjual makanan2 halal, salah satunya di warung 'Saman Islam vendor di dalam soi 24, baca lebih lengkap di link ini kuliner bangkok halal

Dan jika menemukan suatu barang yang ingin dibeli tetapi masih bimbang, dan ingin membelinya setelah beberapa saat....jangan ! Karena biasanya nanti tidak akan ketemu lagi tokonya yg mana !  Itu karena saking banyak dan berbelit-belitnya seperti labirin dengan belokan yang memusingkan

Jika anda sudah terlalu lelah, tidak mau lagi berjalan dan mau menunggu teman yang masih sibuk berbelanja, beristirahat saja di salah satu cafe yang ada, atau di foot massage !

Jika bepergian dalam rombongan, sebaiknya dipecah kedalam beberapa grup kecil, tapi sebaiknya tentukan dahulu 'meeting point' untuk kembali bertemu di daerah / sector berapa.

Ingin tahu bagaimana dan barang apa saja yang ada di JJ ? Lihat  update terbaru di sini

     
Cara menuju Chatuchak :
Taxi
BTS : Mochit
MRT : Kampang Phet / Chatuchak Park