Info dan Tips Penting Liburan Pertama Kali ke Bangkok - Thailand

Info dan Tips Penting Liburan Pertama Kali ke Bangkok - Thailand
Info dan Tips Penting Liburan Pertama Kali ke Bangkok - Thailand 

Thailand sudah menjadi negara favorit liburan wisatawan Indonesia karena banyak tempat wisata menarik, budayanya kaya dan harganya murah.

Nah, sebelum menjejakan kaki ke Thailand, sebaiknya kamu membaca dan mengetahui dahulu beberapa tips dan  do's / dont's nya? 

Mengapa ? 

Karena ibarat bertamu ke rumah tetangga, kita harus bisa berlaku sopan santun untuk menghargai sang tuan rumah bukan ?
Jangan sampai seperti negara tertentu yang menjadi terkenal karena reputasi buruk turis-turisnya yang tidak tahu kesopanan.

Bikin malu aja bukan ? Selain itu juga ini bermaksud agar liburan kamu disana semakin berkesan dan menyenangkan serta tidak menjadi pengalaman buruk. 

CULTURE / KEBUDAYAAN 
Salam Thailand disebut sebagai "wai" (Thai: ไหว้, diucapkan "wai") terdiri dari membungkuk sedikit, dengan telapak tangan saling mangatupkan kedua telapak tangan di depan dada dan kepala sedikit membungkuk.

Wai juga umum sebagai cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih atau minta maaf. 

Sambil melakukan"wai" , biasanya sambil berkata Sawasdee (สวัสดี, RTGS: Sawatdi, diucapkan [sàwàtdi ː]) sebagai ucapan selamat , atau terima kasih, atau atau perpisahan.

Untuk alasan kesopanan, bagi pria dapat mengakhiri setiap kalimat dengan krap , dan untuk wanita ka , contoh : terima kasih = khop khun ka / khop khun krap.

Sebagai salah bentuk penghormatan seluruh rakyat Thailand, biasanya pada sore hari sekitar pukul 6, lagu Kebangsaan Thailand akan dikumandangkan di ruang publik.

Dan seluruh warga harus berdiri dan akan menghentikan aktivitas mereka sesaat. Turis juga wajib mengikuti ritual ini. Pengalaman unik sekaan-akan ada yang menekan tombol pause.
Begitu juga halnya di dalam gedung bioskop, sebelum film dimulai maka akan diperdengarkan lagu Kebangsaan Thailand dan seluruh penonton WAJIB BERDIRI untuk menghormatinya 
Jangan pernah menghina , atau bergosip hal negatif atau melecehkan anggota kerajaan Thailand, kamu bisa masuk penjara karena itu !
Di Thailand, setiap hari memiliki warna tersendiri. Hari Senin adalah kuning. Sang Raja Bhumibol terlahir pada hari Senin, oleh karena itu jangan heran jika pada hari itu, banyak orang akan memakai baju berwarna kuning, sebagai bentuk kecintaan mereka ! 

Sayang sekali Raja Bhumibol meninggal dunia Oktober 2016 kemarin, sehingga untuk masa berkabung ini sekarang rata-rata rakyat disana mengenakan baju berwarna gelap. Dan kebiasaan memakai baju kuning di hari Senin sudah jarang terlihat.


Betul, bahwa masyarakat disana tidak banyak yang bisa berbahasa Inggris, atau membaca huruf latin, tetapi jangan mengeneralisasikan begitu, karena umumnya kaum muda / yang terpelajar setingkat mahasiswa biasanya dapat berbahasa Inggris. 

Tentu saja kalau kamu menanyakan arah jalan pada pekerja level tukang sapu, misalnya, dia pasti tidak dapat menjelaskannya. Seperti jika ada bule menanyakan hal yang sama pada tukang bakso di sini, bukan ? 
Tetapi jangan takut, karena tukang makanan pejual pinggir jalan pun akan mengerti jika kamu bertanya "how much ?". 

Tapi mungkin dia akan menjawab dengan bahasa lokalnya yang  tidak di mengerti , coba saja balas dengan berbahasa ala tarzan , tunjukan jari dengan angka 20 ? 30 baht ? Atau jurus pamungkas, keluarkan kalkulator ! 

Kathoey adalah istilah di Thailand untuk menggambarkan seorang pria yang menjalani transformasi jender dari pria ke wanita. 

Boleh dikatakan 100% dari kathoey ini adalah gay (homoseksual) yang merasa dirinya wanita yang terperangkap dalam tubuh pria .

Sebagai salah satu negara dengan jumlah transgender terbanyak di dunia, masyarakat Thailand dapat menerima kehadiran kathoey di lingkungan mereka, itu sebabnya kamu  akan melihat para waria dimana-mana, bahkan ada yang menjadi resepsionis hotel, bahkan menjadi juara Thai Boxing ! 

Dan tidak "sah" rasanya jika berlibur ke Thailand, khususnya ke  Pattaya jika tidak menonton  pertunjukan para pria cantik ini !

Kalau mau ke tempat religi seperti Grand Palace, jangan memakai baju yang terbuka dimana kaki, lutut, pundak, harus tertutup. Dan jika tetap mau memakai celana pendek / sendal bawa sarung dan kaos kaki dahulu. 
Di pintu depan ada tempat peminjaman sarung, tetapi seringkali harus mengantri. Setelahnya juga harus dikembalikan ke tempat yang sama, jadi cukup membuang waktu. ( peminjaman gratis, harap bawa paspor) 
Bagi kaum Muslim , Thailand itu salah satu destinasi favorit turis dunia, jadi banyak pula turis-turis dari Timur Tengah yang datang ke sana, jadi jangan terlalu "parno" akan terlihat aneh disana jika memakai kerudung. 

Jangan buang sampah sembarangan ! Walau jarang terlihat banyak tempat sampah di mana-mana, tetapi Thai people tidak akan membuang sampah di jalan. Jadi ikuti kebiasan baik ini.

Harap mengantri jika akan naik BTS, MRT, masuk toilet, dan membayar di kasir, dll 
Colokan listrik disana sama dengan di Indonesia, 2 lubang saja. 

Jam di Thailand, sama dengan WIB 

Jangan takut untuk solo backpacking ! Orang Indonesia sih pasti disangka warga local , karena persamaan tipe wajah, jadi mudah untuk berbaur. Dan pasti anda akan disapa dengan bahasa Thai ! 

UANG
Sebaiknya, tukarkan dahulu uang Baht di money changer Indonesia. Biasanya kamu akan diberi uang kelipatan 1000 Baht

Sesampainya di Thailand, tidak usah pusing, belanjakan saja dahulu di 7/11 terdekat. 

Uang kembali ke Indonesia, habiskan dulu pecahan / uang receh, karena money changer Indonesia biasanya hanya mau menerima kelipatan 1000 baht saja 

Perhatikan bahwa uang koin disana terbagi dalam : satang, dimana 1 baht adalah 100 satang, dengan pecahan 1, 5,10,25 dan 50 satang. Serta koin 1 baht, 2 baht, 5 baht, dan 10 baht 

Jangan menukar rupiah di money changer sembarangan di Thailand ! Kursnya rendah, dan jarang ada money changer / bank yang mau menerimanya ! 

Jika sudah kepepet kehabisan uang dan ingin mengambil uang , cari ATM berlogo VISA, tetapi akan di charge 150b sekali tarik . 

Kalau punya ATM dari CIMB Niaga bisa tarik uang di ATM CIMB Thai tanpa kena biaya sama sekali. 

Oleh karena itu , bawa cadangan US$ /Sing$. 

Bawa uang 2000 / 5000 baru . Lumayan untuk memberi tip, bisa menyenengkan orang karena 0 nya banyak, padahal nilainya sih sedikit…hihihi …:D 

TRANSPORTASI BIS
Jika akan naik bus, tunggu di halte bus, dan lihat dahulu apakah di halte bus itu ada nomor bus yang ingin anda tuju atau tidak ? 

Jika anda melihat bus datang, beri tanda dengan tangan agar bus berhenti 

Untuk amannya, konfirmasi kepada supir tujuan anda, agar  tidak salah jurusan. 

Pada saat bayar pada kondektur, kembali beritahu tujuan mau ke mana. Contohnya bilang saja"stop at Wat Po, please".

Jika akan turun dari bus, kamu harus memencet bel yang ada di dekat pintu keluar. 

Tapi, paling nyaman jalan-jalan di Bangkok sih  naik BTS / MRT . Anti macet !

SCAM / TIPUAN 

Thailand itu Negara yang sangat aman untuk turis, tetapi bagaimanapun juga, selalu ada orang yang berniat jahat .

Baca dulu contoh-contoh Scam atau tipuan dan tips untuk menghindarinya : 
  • Berhati-hatilah dengan tawaran dari supir -tuk tuk, yang sering menawarkan tempat belanja 'rahasia' atau 'khusus' dengan harga murah. 
  • Atau memberi harga yang sangat murah, sekitar 50-10B untuk ke tempat tujuan kamu. Tapi nantinya akan dibawa ke toko toko perhiasan, toko cendera mata ,dll. 
  • Biasanya di tempat tujuan wisata terkenal seperti di luar Grand Palace, diberitahu bahwa tempat tersebut sedang ditutup untuk upacara doa . Itu Bohong ! 
  • Masih di sekitar Grand Palace, ada tempat dimana banyak burung dan ada seorang wanita yang sedang menaburkan makanan pada burung-burung tersebut. Kemudian dia akan menyodorkan setengah kantong makanan burung ke tangan kau . dan memberi isyarat agar kamu memberi makan burung-burung tersebut. Pada akhirnya nanti  akan dipaksa untuk membayar mahal1 kantong makanan burung tersebut ! 
  • Hati-hati jika membuang puntung rokok sembarangan, nanti bisa didatangi petugas polisi palsu yang meminta  untuk membayar denda
  • Jika melakukan perjalanan lama dan jauh memakai bus, jangan simpan barang berharga di carrier / ransel yang disimpan di bagian bawah bus / bagasi tanpa di gembok, karena terkadang suka ada pencurian barang-barang anda dengan cara membongkar tas anda. 
Semoga info dan tips di atas bisa membantu saat liburan di Thailand nanti.

Nah apa info atau tips kamu yang belum ada di atas ?


Mau sewa mobil dan pesan tiket atraksi murah, bisa chat dulu :

0 comments:

Post a Comment