Suvarnabhumi Airport bag.1

By | 08:39
Suvarnabhumi Airport , dibaca [sù.wān.nā.pʰūːm] / suwanapum  adalah bandara yang memiliki menara kontrol tertinggi di dunia (132,2 meter), dan merupakan gedung terminal bandara tunggal terbesar ke-4 di dunia dengan ukuran 563 ribu meter persegi,  melayani 47,9 juta penumpang pada 2011, dan merupakan  tempat ke 2 di dunia yang paling populer di foto lewat Instagram pada tahun 2011.
Facebook menobatkannya sebagai salah satu “World’s Top 10 Most Social Airports” dan satu-satunya bandara  di Asia untuk termasuk dalam daftar itu. Penghargaan ini diberikan  berdasarkan jumlah orang yang "check-in" melalui Facebook, atau aplikasi pihak ketiga. 

Merupakan bandara baru untuk menggantikan Bandara Internasional Don Muang,  terletak sekitar 25 kilometer sebelah timur Bangkok. Nama Suvarnabhumi dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyadej yang artinya tanah emas. Walaupun sudah besar, ternyata berkembangnya industri pariwisata di Thailand yang amat pesat membuat kemampuan bandara Suvarnabhumi menampung penumpang menjadi kewalahan. Bahkan, wisatawan yang hendak melakukan penerbangan melalui bandara dengan desain futuristik tersebut harus antri dan datang minimal 3 jam sebelum jadwal terbang.

Koridor ruang keberangkatan Suvarnabhumi
desain airport yang futuristik
Kemampuan bandara ini menampung penumpang adalah 45 juta penumpang per tahun, sedangkan tingkat kedatangan wisatawan ke bandara tersebut hingga 51 juta orang.
 
Ada dua terminal utama di bandara Suvarnabhumi ini yaitu terminal internasional dan domestik. Terminal kedatangan berada di lantai 2  dan terminal keberangkatan internasional berada di lantai 4. Kedua terminal ini masih dalam 1 area tempat yang di hubungkan dengan sebuah jalan (footway).
Komplek Terminal Penumpang / The Passenger Terminal Complex (PTC) terdiri dari
  • Level B1  : Airport Rail Link (ARL), money changer
  • Level 1 : Lobi tempat bus bandara, Taksi, kendaran pribadi, Magic Food Point (dekat gate 8)
  • Level 2 Lobi kedatangan domestik & internasional, Kounter Pelayanan transfer, Pengambilan Bagasi, Imigrasi, customs,  musholla, money changer, penitipan barang / koper, Kaunter untuk Transportasi dan akomodasi, kounter provider AIS/DTAC/TRUE
  • Level 3 Lounge room, musholla, money changer,customs, meeting point
  • Level 4 Keberangkatan internasional, Kounter Pusat Pelayanan, Kantor pelayanan tiket, Imigrasi, money changer, penitipan barang / koper, servis pembungkusan barang, kantor pos, VAT refund
  • Level 5 Kantor THAI dan Star Alliance
  • Level 6 Restaurant
  • Level 7 Observation Deck
luas, modern, canggih. Kapan Indonesia menyusul ?
Penumpang yang tiba di bandara Suvarnabhumi akan diantar mempergunakan bus antar jemput (Shuttle Bus) kedalam ruang kedatangan di lantai dasar. Kemudian naik ke lantai 2 untuk pemeriksaan imigrasi. Setelah menyelesaikan urusan imigrasi masih dalam lantai yang sama anda akan masuk ke ruang pengambilan bagasi.
Setelah mengambil bagasi, anda sudah resmi masuk wilayah hukum Thailand. Anda bebas kemana saja, bisa langung keluar mencari bus atau taksi untuk pergi ke pusat kota. Atau anda berniat melanjutkan perjalanan anda dengan membeli tiket penerbangan lain. Bisa juga anda ingin sekedar melihat-lihat suasana bandara, atau anda berniat tidur di Bandara.

ada di lantai 2 & 3
Jika anda lapar dan ingin mencari tempat makan anda tinggal naik eskalator ke lantai 6. Disana tersedia beberapa counter makan dan minum. Ada beberapa cafe yang bisa anda manfaatkan untuk minum atau sekedar bersantai,termasuk counter makanan halal  di keberangkatan,dan area tunggu. Jangan khawatir pula, ada 2 musholla yang representatif di lantai 2 area kedatangan  dan lantai 3.
Ruang tempat keberangkatan ada di lantai 4. Disini anda bisa temukan puluhan counter dari seluruh maskapai dunia ada disini. Anda tinggal melihat dan memilih maskapai yang akan anda pergunakan untuk perjalanan anda selanjutnya. Ruang imigrasi keberangkatan juga ada disini. Lantai 2 adalah dimana tempat anda untuk melanjutkan perjalanan menuju pusat kota. Setelah keluar dari lobi anda akan menemukan counter untuk transportasi bus taksi dan kendaraan pribadi.

Peta Lantai Empat Bandara Suvarnabhumi
denah bandara
Untuk menuju terminal domestik, keluarlah terlebih dahulu dari pintu masuk utama. Kemudian setelah diluar perhatikan dan lihat, disitu ada papan petunjuk “Shuttle Bus to domestic”. Disisi gedung akan terlihat berjejer bus yang diparkir. Bus-bus tersebut akan membawa anda pergi dan kembali dari Terminal utama (Internasional) ke Terminal lokal (Domestik). Waktu tempuh antara kedua terminal tersebut dengan mempergunakan bus antar jemput (Shuttle Bus) adalah sekitar 3-5 menit. Selain mengunakan bus andapun bisa berjalan kaki melalui sisi gedung (footway) menuju terminal domestik, waktu tempuh dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit. 

Ketika Anda tiba di bandara Suvarnabhumi Anda akan melihat mesin ini ada di mana-mana.Dengan layar, keyboard dan handset, Anda dapat menelepon dan mendapatkan akses internet dari mesin ini, selain memberikan informasi tentang  bandara juga.
Untuk menelpon, tinggal  angkat handset dan  mengikuti instruksi di layar sentuh, dan dapat operasikan dengan koin atau kartu kredit.
bisa internetan

bisa menelpon
touch screen
Pemakaian minimal untuk kartu kredit adalah 100 baht , jadi jika Anda hanya akan menelpon atau memeriksa e-mail untuk beberapa menit, Anda sebaiknya menggunakan koin .
Harganya :

  •      Lokal panggilan (Bangkok Metropolitan Area) 3 menit / baht
  •      SLJJ  / HP  1,5 baht / menit
Untuk panggilan internasional, Anda memiliki pilihan antara 007 atau 008 layanan. Dial 008 akan menggunakan teknologi Voice over IP yang menawarkan tarif yang lebih rendah (5-7 baht per menit) untuk ke negara-negara sebagai berikut:
Australia, Cina, Hongkong, Indonesia, Malaysia,  Singapura, Inggris, Amerika Serikat ( dan 23 negara lainnya)
praktis untuk yang mau lanjut ke kota lain
Sayangnya, layanan internet tidak disediakan  gratis, Anda harus menggunakan koin untuk mendapatkan akses, biaya 0,5 baht per menit atau 30 baht per jam.
 
tinggalkan carrier besar disini, bawa daypack saja
Jasa Penitipan Barang / koper ada di area kedatangan dan keberangkatan  (lantai 2 dan 4). Biayanya 100 baht/ koper / ransel /24 jam. Anda dapat meninggalkan barang  di sini sampai 4 bulan !

siapkan dulu dari Indonesia !

Jasa penukaran uang ada dimana-mana di dalam terminal. Ada beberapa bank yang menawarkan layanan pertukaran . Tapi sebaiknya anda sudah menukar dahulu uang di  Indonesia, karena kursnya lebih rendah !

Bersambung ke bagian 2,  Klik ini

Newer Post Older Post Home